SILABUS
A. IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah: Evaluasi Pembelajaran berbasis TIK
Bobot : 3 SKS
Semester/Jenjang: 3/S2
Jurusan/Prod: Pendidikan Agama Islam
Status Mata Kuliah: Wajib
Dosen: Dr. H. Ahmad Mansur, SE., M.Pd.I
A. TUJUAN
Setelah menyelesaikan perkuliahan ini diharapkan mahasiswa Program Pendidikan Agama Islam STAI Nur El Ghazy memiliki kompetensi dalam merancang, menyusun, melaksanakan, dan melaporkan hasil evaluasi belajar serta menggunakannya untuk perbaikan pembelajaran.
B. DESKRIPSI
Mata kuliah Evaluasi Pendidikan ini merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian Pedagodik. Mata kuliah ini membahas materi perkuliahan yang mengarah kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan dalam evaluasi pendidikan bagi para calon guru.
Materi dasar yang dibahas adalah (1) konsep dasar evaluasi pendidikan Agama Islam, (2) peranan evaluasi pendidikan, (3) teknik-teknik konstruksi tes Pendidikan Agama Islam, (4) uji-coba tes hasil belajar, (5) pengolahaan hasil uji coba tes hasil belajar PAI, (6) analisis tes hasil belajar, dan (7) pembakuan tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam.
C. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan : Ekspositori dan Komunikatif
Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah
Tugas : Laporan buku atau bab, penyusunan berbagai alat evaluasi
Media : OHP, LCD
D. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIPA PERTEMUAN
Pertemuan ke- |
Kompetensi Dasar |
|
1 dan 2 |
Memahami konsep dan penerapan dasar-dasar pengukuran dan penilaian:
|
|
3 dan 4 |
Memahami dan menerapkan konsep perencanaan penyusunan Evaluasi Hasil Belajar berbasis TIK
|
|
5 dan 6 |
Memahami dan menerapkan konsep instrument evaluasi hasil belajar berbasis TIK.
|
|
7 |
|
|
8 |
UTS |
|
9 |
Menyusun intrumen penilaian berbagai kompetensi atau indikator pencapaian hasil belajar berbasis tik
|
|
10 dan 11 |
1.Mengolah hasil evaluasi
2. Berlatih mengolah skor menjadi nilai standar |
|
12 dan 13 |
Memahami dan menerapkan konsep mutu alat evaluasi hasil belajar berbassis TIK
|
|
14 |
|
|
15 |
Memahami cara pemanfaatan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran |
|
16 |
UAS |
E. DAFTAR BUKU
Arikunto, Suharsimi. 1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyarakta: PT Bina Aksara.
Gronlund, Norman E. (1985) Meassurement and Evaluation. 5 th ed. New York:Mcmillan Publishing Company, Inc.
Nurgiyantoro, Burhan (1988). Penilaian dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:YPPE
Popham, W, James. 1978. Evalution in Education: Current Applications. Los Angeles: University of California
Puwanto, M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: Rosda Karya.
Ross, C.C. and Stanley, Julian C. 1954. Measurument in Today Schools. 3rd ed. New