Evaluasi Pembelajaran Berbasis TIK

SILABUS

 

A. IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah: Evaluasi Pembelajaran berbasis TIK  

Bobot : 3 SKS

Semester/Jenjang: 3/S2

Jurusan/Prod: Pendidikan Agama Islam

Status Mata Kuliah: Wajib

Dosen: Dr. H. Ahmad Mansur, SE., M.Pd.I

 

A. TUJUAN

             Setelah menyelesaikan perkuliahan ini diharapkan mahasiswa Program Pendidikan Agama Islam STAI Nur El Ghazy  memiliki kompetensi dalam merancang, menyusun, melaksanakan, dan melaporkan hasil evaluasi belajar serta menggunakannya untuk perbaikan pembelajaran.

 

B. DESKRIPSI

            Mata kuliah Evaluasi Pendidikan ini merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian Pedagodik. Mata kuliah ini membahas materi perkuliahan yang mengarah kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan dalam evaluasi pendidikan bagi para calon guru.

            Materi dasar yang dibahas adalah (1) konsep dasar evaluasi pendidikan Agama Islam, (2) peranan evaluasi pendidikan, (3) teknik-teknik konstruksi tes Pendidikan Agama Islam, (4) uji-coba tes hasil belajar, (5) pengolahaan hasil uji coba tes hasil belajar PAI, (6) analisis tes hasil belajar, dan (7) pembakuan tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam.

 

C. PENDEKATAN PEMBELAJARAN

    Pendekatan : Ekspositori dan Komunikatif

    Metode        :  ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah

    Tugas          : Laporan buku atau bab, penyusunan berbagai alat evaluasi

    Media          : OHP, LCD

D. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIPA PERTEMUAN

Pertemuan ke-

Kompetensi Dasar

1 dan 2

Memahami konsep dan penerapan dasar-dasar pengukuran dan penilaian:

  • Pengertian evaluasi pendidikan
  • Perbedaan pengukuran dan penilaian
  • Fungsi dan manfaat penilaian hasil belajar
  • Jenis dan bentuk evaluasi hasil belajar berbasis TIK
  • Syarat-syarat alat penilaian yang baik
  • Validitas dan reliabilitas

3 dan 4

Memahami dan menerapkan konsep perencanaan penyusunan Evaluasi Hasil Belajar berbasis TIK

  • Pembahasan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator atau TPU dan TPK
  • Pembahasan metode pemiliahan bahan evaluasi
  • Pembahasan metode penyusunan kisi-kisi evaluasi hasil belajar

5 dan 6

Memahami dan menerapkan konsep instrument evaluasi hasil belajar berbasis TIK.

  • Pembahasan jenis tagihan dan intsrumen penilaian.
  • Pembahasan syarat-syarat penyusunan jenis tagihan dan instrument penilaian
  • Berlatih menyusun berbagai jenis tagihan dan bentuk instrument penilaian.

7

  • Pembahasan berbagai jenis instrument evaluasi.
  • Pembahasan bentuk-bentuk tes : objektif dan non-objektif
  • Pembahasan bentuk-bentuk soal objektif: Benar-Salah, Pilihan Ganda, Menjodokan, Isian Singkat
  • Pembahasan bentuk soal uraian (eseai)
  • Berlatih menyusun berbagai bentuk soal tes hasil belajar.    

8

UTS

9

Menyusun intrumen penilaian berbagai kompetensi atau indikator pencapaian hasil belajar berbasis tik

  • Kompetensi Kognitif
  • Kompetensi Apektif
  • Kompetensi Psikomotor

10 dan 11

1.Mengolah hasil evaluasi

  • Pembahasan cara pemberian skor
  • Pembahasan berbagai pendekatan penilaian
  • Pembahasan cara pemberian nilai

2. Berlatih mengolah skor menjadi nilai standar

12 dan 13

Memahami dan menerapkan konsep mutu alat evaluasi hasil belajar berbassis TIK

  • Pembahasan teknik analisis validitas
  • Pembahasan teknik analisis reliabilitas
  • Pembahasan teknik analisis tingkat kesukaran
  • Pembahasan teknik analisis daya pembeda
  • Pembahasan teknik analisis option  (untuk soal pilihan ganda).

14

  • Menyusun laporan hasil evaluasi hasil belajar berbasis TIK
  • Pengisian rapor
  • Pelaporan tingkat ketuntasan belajar
  • Pelaporan hasil analisis tingkat keterpahaman dan ketuntasan

15

Memahami cara pemanfaatan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran

16

UAS

 

 

E. DAFTAR BUKU

Arikunto, Suharsimi. 1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyarakta: PT Bina Aksara.

Gronlund, Norman E. (1985)  Meassurement and Evaluation. 5 th ed. New York:Mcmillan Publishing Company, Inc.

Nurgiyantoro, Burhan (1988). Penilaian dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:YPPE

Popham, W, James. 1978.  Evalution in Education: Current Applications. Los Angeles: University of California

Puwanto, M. Ngalim. 2001.  Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: Rosda Karya.

Ross, C.C. and Stanley, Julian C. 1954.  Measurument in Today Schools. 3rd ed. New

Top