SILABUS PERKULIAN
- MataKuliah : Filsafat Ilmu
- SKS : 3 SKS
- ProgramStudi : S2 PAI
- Waktuperkuliahan : Semester Gazal 2019/2020
- Dosen :Dr.Asril,M.Pd.I
A. Standar Kompetensi
Setelah berpartisipasi aktif dalam perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan menguasai konsep-konsep dasar filsafat ilmu, serta bidang kajiannya, memahami sejarah perkembanganilmu, dapat menganalisis landasan ontologis, epistemologis, aksiologis, berpikirlogis,mampu melakukan refleksi kritis terhadap isu-isu pengembangan ilmu dan keterkaitannya dengan teknologi, kebudayaan/peradaban, etika serta agama, memiliki komitmen untuk bertindaketisdalamberkaryailmiah.
B. Deskripsi MataKuliah
Matakuliahinimembahaskonsep-konsepdasarfilsafatdanfilsafatilmu,landasanfilsafati ilmu, metode ilmiah, kaitan antara ilmu, teknologi, etika (etika keilmuan), agama dan kemajuan peradaban, serta refleksi landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis dalam ilmu.
C. UraianPokokBahasanTiapPertemuan
Pertemuan |
Kompetensi Dasar |
Pokok Bahasan/Sub pokok Bahasan |
Strategi Perkuliahan |
1 |
Pendahuluan: Kontrak Belajar, memahami silabus perkuliahan |
Silabus perkuliahan, keterkaitannya dengan ilmu |
Kuliah |
2-3 |
Menjelaskan arti filsfatat dan filsafat ilmu |
Pengertian dan ciri berpikir filsafat,objekfilsafat,cabang- cabangfilsafat,aliran-aliran filsafat. Pengertian filsafat ilmu, objek filsafat ilmu, fungsi filsafat ilmu. |
Kuliah dan diskusi |
4-5 |
Memahami sejarah per- kembangan ilmu |
Filsafat jaman kuno, pertengahan,moderndan kontemporer/postmodern |
Diskusi (1, 2) |
6 |
Memahamilandasanontologis ilmu |
Pengertanlandasanontologis Landasanontologisilmualam, landasanontologisilmusosial, danlandasanontologisilmu humaniora/budaya. |
Diskusi (3) |
7 |
Memahami landasan |
Pengertian landasan |
Diskusi |
|
epistemologis ilmu |
Epistemologis Macam-macam kebenaran Cara memperoleh ilmu/metode ilmiah. Struktur pengetahuan ilmiah Sarana berpikir ilmiah |
(4) |
8 |
Ujian Mid Semester |
Soal esei |
|
9-10 |
Memahami metode ilmiah |
Unsur-unsur logika dalam metode metode ilmiah: deduksi, induksi, interpretasi, analiss, sintesis, komparasi, heuristika, analogi, deskripsi. Metode ilmiah |
diskusi (5 & 6) |
11 |
Menganalisis landasan aksiologis ilmu |
Landasan aksiologis ilmuNilai kegunaan ilmu, Kaitan ilmu dan nilai-nilai moralsertatanggungjawab ilmuwan. |
diskusi (7) |
12-13 |
Memahami pendekatan dalam filsafat ilmu: |
Pendekatan positivistik, post- positivistik, fenomenologik, hermeneutik. |
diskusi (8) |
14 |
Memahami keterkaitan antara ilmu, teknologi dan kebudayaan/peradaban |
Keterkaitanantarailmu dan teknologi, serta kebudayaan/peradaban |
diskusi (9 ) |
15 |
Memahami keterkaitan antara ilmu, etika dan agama |
Keterkaitan antara ilmu, ilmu, etika, dan agama |
diskusi (10) |
16 |
Melakukan refleksi kritis mengenai landasan filsafati ilmu |
Refleksi kritis mengenai keberadaan/substansi, metode dan landasan etik ilmu di Indonesia. |
Tugas mandiri |
D. Evaluasi Hasil Belajar
- Partisipasikuliah/diskusi = 20%
- Tugas-tugas =20%
- UjianMidSemester =30%
- UjianAkhirSemester =30%
- Jumlah =100%
E. DaftarReferensi
Ewing, A.C. 2008. Persoalan-persoalan Mendasar Filsafat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Noeng Muhadjir. 2011. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Rake Sarasin
Ravertz,JeromeR.2009.FilsafatIlmu:Sejarah&RuangLingkupBahasan.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Surajiyo. 2009. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tim Dosen Filsafat Ilmu Fakultas Filsafat UGM. 2010. Filsafat Ilmu sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Liberty.
Verhaak. C & Haryono Imam. 1989. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia
YuyunSuriasumantri.2007.FilsafatIlmu–SebuahPengantarPopuler.Jakarta:PustakaSinar Harapan.
Referensi Tambahan
EndangKomara.2011.FilsafatIlmudanMetodologiPenelitian.Bandung:RefikaAditama.Fearn,Nicholas.2003.CaraMudahBerfilsafat(RingkasdanMenghibur).Jogjakarta:Bentang
Bleicher, Josef. 2003. Hermeneutika Kontemporer: Hermeneutika sebagai Metode, filsafat, dan Kritik. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.