Ilmu Pendidikan Islam

SILABUS PERKULIAHAN

Mata Kuliah: Ilmu Pendidikan Islam (IPI)

Kode Mata Kuliah: —

SKS : 3 SKS

Fakultas: Sekolah Pascasrjana IAI Al-Azhaar Lubuklinggau

Program Studi: S.2 Pendidikan Agama Islam

Dosen: Dr. Asril, M.Pd.I

A.   DESKRIPSI MATA KULIAH                                                                                                                             Ilmu Pendidikan Islam menjelaskan tentang: definisi, ruang lingkup, dan metode, wawasan kepribadian muslim, komponen, pelajaran pendidikan Islam, prinsip-prinsip dan pendekatannya, problematika dan segi-segi,s erta kedudukan dan hubungan pendidikan Islam dengan pendidikan nasional.

 

B. PENDEKATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN                                                                                                      Strategi pembelajaran menggunakan pendekatan active learning, yaitu memungkinkan mahasiswa berperan aktif dalam proses perkuliahan.

 

C. TUGAS                                                                                                                                                  Tugas Makalah, dilaksanakan dalam bentuk kelompok sesuai dengan topic yang ditentukan. Makalah akan diseminarkan di kelas; dantugas Book Review/Artikel, dilaksanakan oleh masing-masing individu. Buku/artikel yang akan direview dikonsultasikan terlebih dahulu pada dosen pengampu.

 

D.TUJUAN                                                                                                                                                                

  1. Mahasiswa memahami konsep-konsep dasarPendidikan Islam.
  2. Mahasiswa memahami  konsep-konsep pendidikan Islam.
  3. Mahasiswa memahami hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional. 


E. URAIAN POKOK BAHASAN

No.

Kompetensi Dasar

Indikator

Pokok Bahasan

1

Memahami konsep, ruang lingkup, dan sistem Pendidikan Islam.

Menjelaskan pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem Pendidikan Islam.

1.    Pengertian, Konsep Dasar, dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam.

2.    Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam.

3.    Sistem Pendidikan Islam.

       

2

Memiliki pemahaman tentang komponen Pendidikan Islam.

Menjelaskan komponen (unsure) pokok dalam pelaksanaan Pendidikan Islam.

4.    Komponen-komponen Pendidikan Islam.

5.    Peserta Didik dan Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam.

3

Memiliki pemahaman tentang prinsip-prinsip Pendidikan Islam, metode, pendekatan, dan evaluasi pembelajarannya

Menjelaskan tentang prinsip-prinsip pendidikan Islam, metode dan pendekatan pembelajarannya.

6.    Prinsip-prinsip Pendidikan Islam.

7.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam.

8.    Evaluasi dalam Pendidikan Islam.

4

Memahami tentang kedudukan dan hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.

Menjelaskan secara lengkap dan detail tentang hubungan Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional.

9.    Eksistensi dan Institusi Pendidikan Islam di Indonesia.

10.  Hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.

 

F. SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PERTEMUAN

POKOK BAHASAN

METODE

Minggu ke-1

:

PENGANTAR

Tatap muka dan diskusi

Minggu ke-2

:

Pengertian, Konsep Dasar, dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam.

Presentasi dan diskusi.

Minggu ke-3

:

Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam.

Presentasi dan diskusi.

Minggu ke-4

 

Sistem Pendidikan Islam.

Presentasi dan diskusi.

Minggu ke-5

:

Komponen-komponen Pendidikan Islam.

Presentasi dan diskusi.

Minggu ke-6

:

Peserta Didik dan Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Presentasi dan diskusi.

MInggu ke-7

:

UJIAN TENGAH SEMESTER

Minggu ke-8

:

Prinsip-prinsip Pendidikan Islam.

Presentasi dan diskusi.

Minggu ke-9

:

Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam.

Presentasi dan diskusi.

Minggu ke-10

:

Evaluasi dalam Pendidikan Islam.

Presentasi dan diskusi.

Minggu ke-11

:

Eksistensi Pendidikan Islam di Indonesia.

Presentasi dan diskusi.

Minggu ke-12

:

Hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.

Presentasi dan diskusi.

Minggu ke-13

:

UJIAN AKHIR SEMESTER

 

G. KETENTUAN MAKALAH                                                                                                                                   Supaya mahasiswa terbiasa dengan ketentuan penyusunan tugas akhir (tesis) Sekolah Pascasarjana IAI Al-Azhar Lubuklinggau, maka makalah yang disusun mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  1. Makalah yang disusun dengan struktur berikut:
  2. BAB I berjudul Pendahuluan, yang berisi sub bab: a) Latar Belakang Masalah, b) Identifikasi Masalah, dan c) Pembatasan dan Perumusan Masalah.
  3. BAB II adalah deskripsi teori/masalah yang dibahas. Judul menyesuaikan dengan pokok bahasan. Contoh: BAB II Pengertian dan Konsep Dasar Pendidikan Islam. Sub-bab yang dicantumkan juga menyesuaikan dengan kebutuhan pembahasan.
  4. BAB III berjudul Kesimpulan. Bab ini memuat tentang poin penting dari pokok bahasan yang diuraikan dalam BAB II.
  5. Makalah diketik dengan kertas A4 spasi 1.15 dengan karakter huruf Times New Roman font 12.
  6. Jumlah makalah minimal 8 halaman (terdiri dari BAB I, II, dan III).
  7. Setelah diseminarkan, makalah diperbaiki berdasarkan saran-saran (rekomendasi) peserta dan dosen pengasuh.

H. EVALUASI                                                                                                                                                                Nilai Akhir berkisar dalam rentang angka 0 s.d. 100. Angka-angka tersebut kemudian dikonversikan ke dalam bentuk nilai A, B, C, D, atau E, dengan ketentuan sebagai berikut.                                 

  1. Partisipasikuliah/diskusi = 20%
  2. Tugas-tugas =20%
  3. UjianMidSemester =30%
  4. UjianAkhirSemester=30%
  5. Jumlah= 100%

I. DAFTAR LITERATUR/REFRENSI

  1. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2006.
  2. M. Roqib, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Lkis, 20009
  3. Hasan, Muhammad Thalhah. Dinamika Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Lantabora Press, 2006.
  4. Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana, 2012.
  5. Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
  6. Hery Noer Aly dan Munzier, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani, 2003.
  7. Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
  8. Abuddin Nata, Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
  9. Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
  10. Maksum Mukhtar, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
  11. Abudin Nata, Filsafat Pendidkan Islam, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 2001.
  12. Hasan Langgulung, Manusia dan pendidikanJakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
  13. Tirtarahardja, Umar dan S. La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
  14. Abdul Aziz, Esai-esai Sosiologi Agama, Jakarta: Diva Pustaka, 2006.
  15. Basnang Said, Pendidikan Plural (Upaya Mewujudkan Nehgeri Damai, Makassar: Yatma, 2011.
  16. Dhofier, Zamachsyari. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1982.
  17. Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
  18. Said, M. Ilmu Pendidikan. Bandung: Offset Alumni, 1985.
Top