Pengembangan Motorik Anak Usia Sekolah

SILABUS

A. Identitas Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah : Pengembangan Motorik Anak Usia Sekolah
Jumlah SKS : 3 SKS
Nama Dosen: Dr. Asril, M.Pd
Program Studi: Pendidikan Agama Islam
Fakultas: Sekolah Pascasarjana IAI Al-Azhaar Lubuklinggau

B. Tujuan
    Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu mengetahui berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan pengembangan motorik anak usia sekolah serta dapat mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran di TK

C. Deskripsi isi
        Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan pengembangan fisik motorik, serta berfungsi membekali mahasiswa calon tenaga kependidikan dengan wawasan dan pemahaman tentang konsep-konsep dan praktik yang berhubungan dengan pengembangan motorik anak usia sekolah serta dapat mengaplikasikannya dalam proses pendidikan/pembelajaran di sekolah.

D. Pendekatan pembelajaran
      Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan :
1. Ceramah, tanya jawab dan diskusi kelas.
2. Observasi lapangan/sekolah.
5. Evaluasi
      Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :
1. Partisipasi kegiatan kelas.
2. Laporan Hasil Observasi
4. UTS dan UAS.

E. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1 : Hakikat perkembanganmotorik anak usia sekolah
Pertemuan 2 : Pentingnya Pengembangan motorik untuk anak usia sekolah
Pertemuan 3 : Tahap pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah
Pertemuan 4 : Perkembangan gerak anak usia sekolah
Pertemuan 5 : Bentuk gerak dasar anak usia sekolah
Pertemuan 6 : Kombinasi gerak dasar anak usia sekolah
Pertemuan 7 : Aktivitas ritmik untuk anak usia sekolah
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Brain games, brain gym
Pertemuan 10 : Outdoor education untuk anak sekolah
Pertemuan 11 : Unsur-unsur kesegaran jasmani
Pertemuan 12 : Program pembentukan kesegaran jasmani
Pertemuan 13 : Bentuk dan jenis permainan
Pertemuan 14 : Pengembangan motorik melalui permainan
Pertemuan 15 : Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian program kegiatan motorik di sekolah
Pertemuan 16 : UAS

F. Daftar buku
Dennison, E. (2004). Brain Gym. Teacher’s Edition Revised. Edu-Kinesthetics, Inc. Ventura, California.
Mutohir, C. (2004). Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-anak. 
Sujiono, B. Dkk. (2005). Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka. Jakarta.
Proyek Pengembangan dan Keserasian Kebijakan Olahraga. Depdiknas.

Top